Spayware dan Malware







Saat ini bukan hanya Virus yang berbahaya bagi komputer dan file - file penting yang kita miliki. Seperti spyware, malware, adware, parasiteware, browser hijacker, keylogger, dialer, dan masih banyak lagi. Kesemua itu sangat membahayakan komputer kita, dimana mereka tidak hanya menghancurkan file dan program tetapi akan mencuri semua data data penting yang kita miliki dan mengirimkannya ke si pembuatnya.

Spyware bukanlah sebuah virus tetapi perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat meng-instal dirinya kedalam komputer, dengan tujuan mencuri data komputer seperti alamat email dan statistik kunjungan pada internet.
Data yang telah didapatnya akan dijual ke pihak ketiga untuk memasarkan produk, misalnya lewat email. Selain itu spyware juga bisa memboroskan bandwidth sehingga pemakaian internet membengkak biayanya.

Tidak hanya Spayware, Malware pun sama membahayakannya yang diciptakan untuk mencari kelemahan software. Yang dapat diklasifikasi sebagai malware adalah trojan, worm atau virus. Malware yang cukup mengganggu adalah jenis dialer, software ini bisa membuat komputer kita terus terkoneksi dengan internet tanpa kita perintah.

Jenis lain yang membahayakan kita adalah jenis keylogger, dimana dia dibuat untuk memata matai penekanan terhadap keyboard. Keylogger bisa berupa perangkat keras ataupun perangkat lunak.
Menurut www.spywareterminator.com keylogger bisa menyimpan informasi aktivitas jari jari pada penekanan keybord. Maka berhati hatilah dalam melakukan pemasukan user name dan password pada komputer diwarnet atau di komputer umum lainnya karena bisa bisa ID dan passeord kita bisa dicuri orang. Keylogger sapat berupa hardware dan software. Namun yang lebih berbahaya adalah jenis software karena dia beroprasi secara sembunyi untuk merekam semua aktivitas kita pada keybord.

Jadi berhati hati lah salam berselancar didunia internet dan pasanglah antivirus yang bener bener kita percayai cobalah yang gratis dulu, bila dapat memuaskan kita cobalah yang berbayar.

Antivirus yang gratis dan memiliki tingkat pengamanan terhadap serangan virus, spyware, dan malware adalah AVG dan AVAST.

untuk mendownloadnya disini:

- AVG

- AVAST


info selengkapnya di kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar